Kamis, 25 Mei 2023

Pentingnya Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Biologi


        Biologi merupakan salah satu muatan sains dan teknologi yang dipelajari oleh siswa SMA/MA. Mata pelajaran biologi memiliki sifat dan objek yang beragam, baik ditinjau dari ukuran, keterjangkauan, keamanannya, bahasa dan sebagainya (Nisak, 2021:129). Sehingga materi biologi seringkali dipandang sulit dipelajari. Salah satu alasannya yaitu penggunaan Bahasa Latin pada mata pelajaran biologi menjadikan peserta didik kesulitan memahami materi tersebut (Cimer, 2012:61). 

    Untuk menunjang proses sains tersebut pembelajaran Biologi memerlukan sarana penunjang berupa media pembelajaran. fungsi dari media pembelajaran itu sendiri sebagai penunjang pembelajaran guna meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap suatu materi yang telah dipelajari. Selain itu, berbagai kendala juga sering dihadapi dalam pembelajaran biologi seperti keterbatasan fasilitas laboratorium atau kekurangan sumber belajar dan media pembelajaran. Kendala yang dihadapi tersebut dapat diatasi dengan ICT. ICT dapat diterapkan pada semua tahapan aktivitas belajar mengajar mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, persiapan materi, penyajian materi, pelaksanaan pembelajaran hingga evaluasi.

        ICT dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran biologi sebagai sarana penunjang pembelajaran, baik media pembelajaran atau bahan ajar. Pentingnya pemanfaatan ICT dalam pembelajaran biologi yaitu mampu menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan mendorong kemandirian siswa serta dapat meningkatkan minat dalam belajar. Selain itu, pemanfaatan ICT dalam pembelajaran biologi mampu menciptakan proses pembelajaran kolaboratif. Proses pembelajaran kolaboratif ini mengarah kepada adanya interaksi sosial dan komunikasi antara para siswa dan pendidik. Hal ini berdampak positif terhadap peningkatan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang materi pelajaran (Wardani & Hartanto, 2020).

Lalu apa dampak yang akan dirasakan jika ICT tidak dihadirkan sebagai penunjang pembelajaran? Jika ICT tidak dihadirkan sebagai penunjang pembelajaran, maka proses pembelajaran dirasa kurang optimal, kurang efektif, tidak menarik, membuat bosan dan untuk pelajaran biologi siswa akan terus merasa sulit untuk memahami materi yang pada akhirnya tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  

0 komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Biologi

          Biologi merupakan salah satu muatan sains dan teknologi yang dipelajari oleh siswa SMA/MA. Mata pelajaran biologi memiliki sifat d...